Senin, 17 Maret 2014

Keindahan Danau Sentani



  • Keindahan Danau Sentani
    Keindahan Danau Sentani
Danau Sentani adalah salah satu danau terindah yang terletak di Papua. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua.
danau-sentani
Danau Sentani, Papua. Sumber foto: ainzacha.blogdetik.com
Danau Sentani memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl, sehingga danau ini merupakan danau terbesar di Papua.
Di Danau Sentani terdapat 21 pulau kecil yang menghiasi danau indah ini.
Teman-teman, kamu tahu tidak? Kata Sentani memiliki arti “di sini kami tinggal dengan damai”.
Danau ini berjarak 50 kilometer dari Jayapura dan mudah dijangkau. Di danau ini terdapat banyak perahu wisata untuk berkeliling dan melihat keindahan Danau Sentani.
1623178-festival-danau-sentani-620X310
Festival Danau Sentani. Sumber foto: assets.kompas.com
Jika kamu pergi ke Danau Sentani pada pertengahan bulan Juni, maka kamu akan melihat Festival Danau Sentani (FDS) yang diadakan selama lima hari berturut-turut. Festival ini diselenggarakan sejak tahun 2007 dan telah menjadi festival tahunan dan masuk dalam kalender pariwisata utama.
FDS ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis mancanegara maupun lokal untuk berkunjung ke Danau Sentani.
Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.
O ya, di Danau Sentani terdapat kurang lebih 30 spesies ikan air tawar, lo, teman-teman, dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani, yaitu Ikan Gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon ), Ikan Pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis ), Ikan Pelangi Merah (Glossolepis incisus ), dan Hiu Gergaji (Pristis microdon ).
 Danau Sentani kaya akan beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar. Danau Sentani juga dijadikan lokasi wisata untuk berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air, serta wisata kuliner.
Di antara ketiga ikan endemik Danau Sentani yang populasinya semakin menyusut adalah Ikan Gabus Danau Sentani, hal ini dikarenakan telur ikan ini dimakan oleh ikan gabus dari jenis yang lain.

SUMBER : http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Indonesiaku/Jalan-Jalan/Keindahan-Danau-Sentani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL KARGO, SIFAT SIFAT KARGO, STRUKTUR TARIF ANGKUTAN DAN PERUSAHAAN KARGO DI INDONESIA

Sumber Gambar: http://maritimnews.com/2017/04/mengapa-baru-sekarang-kapal-kargo-raksasa-sandar-di-pelabuhan-indonesia/ P elaksanaa...